Aliansi Jurnalis Kepulauan Nias Beraudiensi Dan Silahturahmi Kepada Kapolres Nias

Iklan Semua Halaman

Aliansi Jurnalis Kepulauan Nias Beraudiensi Dan Silahturahmi Kepada Kapolres Nias

Staff Redaksi
Sabtu, 21 Januari 2023
JURNALIS NUSANTARA-1.COM|GUNUNGSITOLI, SUMATERA UTARA--
Sejumlah media yang tergabung dalam Komunitas yang menamakan Aliansi Jurnalis Kepulauan Nias beraudiensi dan sekaligus bersilaturahmi kepada Kapolres Nias  yang  bertempat di ruang rapat Kapolres Nias, Jl. Bhayangkara Nomor 1 Kota⁹ Gunungsitoli, Jumat (20/1/2023).

 Audensi dan silaturahmi  bertujuan membangun kemitraan dan berkoordinasi  terkait penanganan beberapa kasus hukum yang ditangani oleh Polres Nias yang masih belum tuntas ( jalan di tempat), Komunitas Media ini mempertanyakan kepada Kapolres Nias sebagai penyaluran aspirasi masyarakat dalam Penanganan kasus di wilayah Kerja Mapolres Nias.

 Audiensi  di terima dan disambut baik oleh Bapak Kapolres  dan Wakapolres Nias beserta jajaran nya, Acara Audiensi di Pimpin oleh Kabiro Metro Investigasi.com  Bung Masry  dan dihadiri Beberapa kabiro dan Korwil Median yang ada di Pulau Nias dan Kota Gunungsitoli, turut hadir rekan Jurnalis yang juga Ketua DPC Persatuan Wartawan Republik Indonesia Kota Gunungsitoli  (PWRI)  Kristian Zebua dan Pengurus DPP Perhimpunan Wartawan Pejuang Anti Korupsi dan Kriminalisasi  Indonesia (PEWAKI)  Afdika Permata Lase dan sejumlah Media online/cetak .


Para Jurnalis mempertanyakan  sejumlah kasus yang masih dalam Penanganan  Polres Nias yang belum selesai,  hal ini menjadi topik Pembahasan kepada jajaran Kapolres Nias , rekan media juga mempertanyakan kendala  apa  yang mejadi lamban nya dalam Penanganan  kasus di Mapolres Nias.

Bapak Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.I.K menyapaikan, "ia sangat berterimakasih kepada para rekan Media yang  datang Beraudiensi dan bersilaturahmi  ke Mapolres Nias  guna menyampaikan informasi dan masukan kepada kami agar kami jadikan  bahan evaluasi ke depan,  Kapolres  Nias mengatakan, " sebenar nya kami tidak menghendaki terjadi nya   kelambanan dalam menangani suatu kasus, rekan media juga harus memahami  kendala yang kami hadapi dan keterbatasan kami,  kami tetap bekerja  dan terus berjalan serta menerima pengaduan dari berbagai lapisan masyarakat di kepulauan Nias, 3(tiga)  Kabupaten 1 (satu) Kota di luar Nias Selatan , dengan jumlah personil kami yang terbatas .

Kanit Reskrim Iskandar Ginting juga menjelaskan , "walau pun masih ada beberapa kasus yang berhasil cepat kami tangani itu karna proses penyidikan dan penyelidikan nya dibantu  dengan informasi masyarakat dan Kooperatif nya  para saksi hingga mempercepat  proses kasus tersebut.

Kemudian Kapolres Nias menambahkan bahwa dalam penanganan kasus ada tahapan yang harus kita lalui ( Proses)  dan tidak semerta-merta kita menetapkan seseorang  sebagai tersangka (TSK) tanpa alat bukti dan saksi saksi yang akurat dalam   menangani suatu kasus,  apa bila.kami salah dalam  hal ini , kami juga akan dilaporkan (Prapit).

kami juga terkadang bertugas turun ke Masyarakat dalam Pendekatan Sosial dengan Kelompok Pemuka Agama, Pemuka Adat dan Pemuka Masyarakat dalam rangka Bertujuan menciptakan dan menjaga Kamtibmas di tengah masyarakat . 




Terkadang kami  juga turun kelapangan dalam Pengamanan  sewaktu waktu terjadi nya unjuk rasa masyarakat , Pengamanan  datang  nya Pejabat dari luar Pulau Nias serta Pengamanan  Pilkades baru baru ini di
kabupaten Nias dan  yang lain nya,. belum lagi ke depan ini kita menghadapi Tahun Politik Pileg,Pilkada dan Pilpres, terang Kapolres Nias.


Kristian Zebua dari Media menambahkan ia berharap dalam  penegakan supremasi hukum di wilayah hukum Polres Nias kira nya dapat ditingkatkan demi keadilan, sehingga menciptakan situasi yang kondusif dan nyaman bagi masyarakat . Lanjut tutur kristian zebua Harapan kami sebagai masyarakat Nias, POLRI sebagai fungsinya Pengayom, Melayani dan Melindungi masyarakat dapat di implementasikan  di tengah tengah masyarakat kepulauan Nias Khusus nya di Kota Gunungsitoli.

Di akhir diskusi ditutup dengan Bung Masry dengan Doa yang di bawakan oleh Pdt.Srmilus Gulo, dari ketua Pemuda Demokrat Indonesia Kabupaten Nias. (Red)
close
Info Pasang Iklan