Terkait Berita Viral Ketua YAPERMA Kota Tangerang Angkat Bicara

Iklan Semua Halaman

Terkait Berita Viral Ketua YAPERMA Kota Tangerang Angkat Bicara

Staff Redaksi
Selasa, 20 Desember 2022




JURNALIS NUSANTARA-1.COM|JAKARTA--Dilansir dari beberapa media online nasional beberapa waktu lalu tentang aksi DC pinjol yang membuat resah masyarakat Ketua YAPERMA Kota Tangerang angkat bicara. 



"Kami terus berjuang menyuarakan UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen sangat geram dengan aksi DC pinjol yang meresahkan masyarakat." kata Andry Setiawan, SH orang nomor satu YAPERMA Kota Tangerang saat di wawancara awak media pada Selasa,(20/12/2022) di Kantor DPC YAPERMA Kota Tangerang. 


"Kami menduga aplikasi pinjol telah melanggar UU No. 8 tahun 1999. Dan UU ITE pasal 29 junto pasal 32 ayat 2 dan ayat 5. Selain itu Para DC juga bisa dijerat dengan pasal 310 junto 368 KUHP." tegasnya. 


Lanjut Andy memaparkan diketahui bahwa Aplikasi PINJOL menggunakan cara-cara yang sangat sadis dalam penanganan terhadap konsumen, seperti: dengan ancaman-ancaman, 

penyebaran data, peretasan data milik pribadi konsumen. 


"Tentunya ini tidak boleh dibiarkan." tegasnya.


Terbukti bahwa dari hasil pengaduan dan investigation yang kami terima. kebanyakan DC Aplikasi pinjol menggunakan sikap premanisme yang bisa menjerat mereka kedalam tindak pidana. 


Sedangkan aturan dalam penagihan sudah diatur oleh OJK melalui Asosiasi AFPI yang berlisensi. 


"Setiap DC harus dilengkapi dengan dengan kelengkapan surat dan kecakapan data diri DC,namun yang terjadi dilapangan kebayakan menagih bagaikan premanisme yang tak punya aturan." imbuhnya. 


"Jadi kalau seperti ini pihak Pinjol sudah benar-benar mengesampingkan aturan / UU yang berlaku di negara kesatuan Republik Indonesia, jelas PMH ( Perbuatan Melawan Hukum).pungkas Andry. ( Tim/Red)


Sumber: DPC YAPERMA KOTA TANGERANG

close
Info Pasang Iklan