KR Oknum Pimpinan Debt Kolektor Intimidasi Jurnalis Usai Anggotanya Diberitakan Media

Iklan Semua Halaman

KR Oknum Pimpinan Debt Kolektor Intimidasi Jurnalis Usai Anggotanya Diberitakan Media

Staff Redaksi
Sabtu, 10 Desember 2022




JURNALIS NUSANTARA-1.COM | JAKARTA--Seorang wartawan Kupasmerdeka.com Kabiro Serang Kota, Provinsi Banten, Ade Irawan mendapat intimidasi dan ancaman dari oknum pimpinan debt collector Bogor, penyebabnya karena ia memberitakan perbuatan pemerasan yang dilakukan oknum debt collector tersebut


Pada saat sedang melakukan kegiatan jurnalistik untuk kegiatan bantuan korban gempah bumi wilayah Cianjur,


Sejumlah orang tersebut menghentikan paksa kedaraan yang di tumpangi Ade Irawan Kabiro wartawan Kupasmerdeka,


Sekaligus sebagai wakil ketua perkumpulan Komunitas Persaudaraan Gabungan Antar Teman (KOPASGAT) Indonesia,


Ketika itu sekelompok preman berkedok depcollektor menghadang mobil Ayla A 1627 BW, milik Ade Irawan ditengah Jalan Cisarua-Megamendung dengan kata-kata keras. 


"Istri dan anak saya  yang masih berusia 10 tahun sampai saat ini trauma saat melihat banyak orang dan saya telah memberikan uang sebesar Rp2.750.000, karena tidak ada pilihan melihat anak dan istri ketakutan ,” jelasnya.


"Usai berita tayang, saya dihubungi melalui telephone /whatsapp oleh preman berkedok debt collector mengaku pimpinannya mereka berinisial KR." kata Ade Irawan saat di konfirmasi awak media,Sabtu, (10/12/2022) melalui sambungan telephone.


Lanjut Ade Irawan memaparkan KR menanyakan terkait masalah anggota saya masuk media, dikarenakan posisi pada saat bergaining di Polsek sudah mediasi. 



KR juga mempertanyakan kenapa dipublikasikan di media, saya ingin klarifikasi terkait anggota saya di media. 


"Disaat barganing mobil inikan tidak setatus quo dan 86 di jalan begitu ada kesepakatan sebelah pihak ,"saya akan permasalakan abang" ucap KR kepada wartawan kupasmerdeka.com Ade Irawan. 


Ditempat terpisah, Advokat Ujang Kosasih.S.H.,menanggapi, KR yang mengancam wartawan setelah viral diberitakan dibeberapa media online nasional oleh Ade irawan wartawan Kupasmerdeka.com yang merupakan pemilik kendaraan yang akan dirampas seklompok orang atau depkolektor yang memberitakan kejadian berdasarkan fakta,


"Seharusnya KR menggunakan Hak Jawab sebagaimana diatur oleh UU No.40 thn 1999 pasal 1.pasal 5.pasal 11 dan pasal 15, itu yang benar." tegas Advokat asal Banten yang giat mengadvokasi Wartawan. 


"Bukan malah mengancam-ancam wartawan yang sedang menjalankan tugas sebagai jurnalistik yang diatur dan dilindungi oleh Undang-Undang".Ujarnya.


"Masyarakat harus paham setiap orang yang sedang melaksanakan Udang-Undang tidak dipidana sebagaimana dimaksud pasal 50 KUHP." pungkasnya. (Tim/Red) .

close
Info Pasang Iklan