Wali Kota Lubuklinggau Canangkan Empat Kelurahan Jadi Role Model Kelurahan Cantik

Iklan Semua Halaman

Wali Kota Lubuklinggau Canangkan Empat Kelurahan Jadi Role Model Kelurahan Cantik

Staff Redaksi
Kamis, 01 September 2022

 

JURNALIS NUSANTARA-1.COM|LUBUKLINGGAU, SUMSEL--Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Pj Sekda, H Imam Senen, Kepala BPS Kota Lubuklinggau, Ir Chairanita Kurniarita, Kepala BPS Provinsi Sumsel, Dr Ir Zulkipli, membuka kegiatan pencanangan Kelurahan Cinta Statistik Tingkat Kota Lubuklinggau, bertempat di Auditorium Bukit Sulap Cinema Hall Lt.5 Kantor Walikota Lubuklinggau, Selasa (30/8/2022).


Kepala Bappedalitbang Kota Lubuklinggau, Emra Endi Kesuma, dalam paparannya menjelaskan Kelurahan cinta statistik atau Kelurahan Cantik bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesadaran statistik di kelurahan, lalu menjadi peningkatan kualitas statistik di kelurahan dan membentuk Agen Statistik di level kelurahan. 


Menurutnya, ada empat kelurahan yang menjadi pilot project Kelurahan Cantik, yakni Wira Karya, Watas, Keputraan  dan Sidorejo. 


Diharapkan masing-masing lurah dari empat kelurahan tersebut dapat berkoordinasi dengan BPS sehingga kedepan dapat menjadi role model. 


Kepala BPS Provinsi Sumsel, Dr Ir Zulkipli dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Pemkot Lubuklinggau yang selalu mendukung penuh setiap kegiatan BPS sekaligus membuka diri menjalin kerjasama demi peningkatan kualitas data statistik di Kota Lubuklinggau. 


"Semoga kedepan tetap terjalin kerjaama untuk meningkatkan kualitas data statistik di Kota Lubuklinggau,” imbuhnya. 


Dia juga menjelaskan perihal menurunnya angka pengangguran di Kota Lubuklinggau di tahun 2021 lebih kurang di angka 7,2 persen dan mengalami penurunan di tahun 2022 lebih kurang di angka 6,1 persen.


Hal ini sangat wajar terjadi, karena kota yang sedang berkembang akan selalu mengundang migrasi masyarakat ke kota tersebut. 


Tak ketinggalan, Zulkipli pun mengapresiasi Kinerja wali kota yang sudah menuntaskan angka masyarakat sangat miskin di Kota Lubuklinggau yang tadinya lebih kurang 12 ribu di tahun 2020 menjadi 9000 di tahun 2021. 


“Lubuklinggau adalah atu-satunya kota yang dapat menurunkan angka masyarakat sangat miskin sebanyak itu,” ujarnya yang langsung disambut tepuk tangan hadirin. 



Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dalam arahannya sangat menyambut baik pencanangan Kelurahan Cantik di Kota Lubuklinggau.  Dirinya mengaku sangat senang dan bersemangat dengan peningkatan kualitas data statistik di Kota Lubuklinggau. 


Diharapkan dengan meningkatnya kualitas data statistik ini dapat mendongkrak minat investasi di Kota Lubuklinggau. 


Menurut Wako, pembangunan jalan lingkar barat dan jalan lingkar selatan di Kota Lubuklinggau merupakan salah satu cara untuk mengundang investor agar berinvestasi ke Kota Lubuklinggau. 


Sehingga nantinya perlahan-lahan Kota Lubuklinggau mulai berubah dari kota transit ke kota tujuan sesuai dengan visi menjadikan Lubuklinggau sebagai kota metropololis madani. 


Ia juga mengapresiasi geliat Pondok Pesantren dan perguruan tinggi yang ada di Kota Lubuklinggau karena telah membantu peningkatan ekonomi masyarakat. 


Turut hadir, Forkopimda, Kepala Dinas Kominfotiksandi, M Johan Iman Sitepu, Kepala DP3APM, Heri Suryanto, Kepala Dinas Pendidikan, H Dian Chandera, Kepala Dispora, H Purnomo, Kepala Dinas Perkim, H Trisko Defriyansa, Kepala Dinas Sosial, Hasan Auy, para camat dan lurah dilingkungan Pemkot Lubuklinggau serta undangan lainnya. (*)

close
Info Pasang Iklan