DKUKM Selenggarakan Pelatihan Manajerial Kepada 25 Pelaku UMKM Produktif di Kota Lubuklinggau

Iklan Semua Halaman

DKUKM Selenggarakan Pelatihan Manajerial Kepada 25 Pelaku UMKM Produktif di Kota Lubuklinggau

Staff Redaksi
Kamis, 01 September 2022

 

JURNALIS NUSANTARA-1.COM|LUBUKLINGGAU, SUMSEL-- Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Lubuklinggau gelar pelatihan manajerial bagi Wirausaha Produktif di Kota Lubuklinggau. Kegiatan ini diikuti 25 peserta dari pelaku UMKM di Kota Lubuklinggau. Bertempat di WE Hotel. Selasa, (30/08/2022).


Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe yang diwakili Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan, Nobel Nawawi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada dinas Koperasi dan UKM yang telah menggelar kegiatan ini.



Menguingat pentingnya peran UMKM  dalam perekonomian nasional, pemerintah daerah harus melakukan pemberdayaan dan pengembangan terhadap pelaku UMKM khususnya di Lubuklinggau


"Saat ini, UMKM sudah lebih dari 6000, harapan saya kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam bidang perencanaan usaha dan strategi pengembangan bisnis, manajemen keuangan dan manajemen pemasaran," ungkap Nobel.


Menurutnya, strategi pemasaran saat ini yang paling efektif adalah strategi digital marketing, sebab pesatnya pekembangan internet yang mencapai 73,3 persen.


Digital marketing menjadi strategi pemasaran paling cepat, efektif, kuat dan dapat menggerakkan perubahan pada banyak sektor yang mempengaruhi perekonomian.


"Selain itu, UMKM harus dapat mengatur arus dana yang berasal dari hutang. Karena, hutang harus digunakan bersifat produkti atau untuk usaha bukan konsumtif. Sehingga penggunaan dana melalui hutang dapat terkontrol dengan baik," jelas Nobel.



Sementara, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Wiwin Eka Saputra menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong produk UMKM menuju pasar modern dan komoditi ekspor serta dapat meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam bidang manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan standarisasi.


"Untuk narasumber berasal dari dinas Koperasi dan UKM, Bank Sumsel Babel, Loka POM, Bappeda Litbang serta dari praktisi dari klinik UMKM bersama," tandasnya. (*)

close
Info Pasang Iklan