Data Statistik Sektoral Kota Lubuklinggau Kini Dalam Genggaman Melalui Aplikasi DASSTERAN

Iklan Semua Halaman

Data Statistik Sektoral Kota Lubuklinggau Kini Dalam Genggaman Melalui Aplikasi DASSTERAN

Staff Redaksi
Sabtu, 10 September 2022

 

JURNALIS NUSANTARA-1.COM|LUBUKLINGGAU, SUMSEL-- Masyarakat Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, kini dapat mengakses Data Statistik Sektoral Kota Lubuklinggau melalui Aplikasi Data Statikstik Sektoral Terkini Dalam Genggaman yang disingkat dengan DASSTERAN. 


Aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Lubuklinggau itu memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan data sektoral dimanapun dan kapanpun.


Pasca ditetapkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, maka perlu mewujudkan keterpaduan antara perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan yang didukung dengan ketersediaan data secara akurat, mutakhir, terpadu, dapat  dipertanggungjawabkan,  mudah diakses dan dibagipakaikan, serta dikelola secara seksama, terintegrasi dan berkelanjutan. 


Dalam rangka mewujudkan kondisi tersebut, Perpres Nomor: 39 Tahun 2019 menyatakan bahwa diperlukan perbaikan tata kelola data yang dihasilkan melalui penyelenggaraan satu data. 



Di era revolusi industri 4.0, data memiliki peran sangat penting dalam menentukan arah kebijakan pembangunan suatu bangsa sekaligus faktor utama dalam mengidentifikasi potensi dan sumber daya negara. 


Data dapat digunakan untuk menganalisis permasalahan dalam penyusunan kebijakan rencana pembangunan daerah, penetapan indikator-indikator dan evaluasi hasil pencapaian pembangunan.



Selain bermanfaat untuk masyarakat pengguna data sektoral, aplikasi ini juga diharapkan dapat membantu para admin data sektoral yang ada di OPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau dalam mengelola dan mengirim data sektoralnya kepada walidata daerah, dalam hal ini Diskominfotiksan, sebagai instansi yang memiliki wewenang mengatur keluar-masuknya data sektoral daerah. 


Penggunaan aplikasi DASSTERAN juga dimaksudkan sebagai terobosan yang bisa menjawab tantangan pelaksanaan pekerjaan ASN di masa pandemi Covid-19 untuk tetap produktif dan inovatif sehingga tugas pengelolaan data tetap dapat dilaksanakan dengan baik.


Selain itu dapat meningkatkan kuantitas maupun kualitas data sektoral OPD serta membantu mewujudkan satu data di Kota Lubuklinggau.


Aplikasi berbasis Android ini sudah dapat didownload secara gratis melalui link https://drive.google.com/drive/folders/17E67Ckx6O7HY-Nh745mpEW2TX8FmlfPy atau bisa di buka pada Website http://dasteran.lubuklinggaukota.go.id/


“Aplikasi ini merupakan inovasi Diskominfotiksan Kota Lubuklinggau melalui Bidang Data dan Informasi. Saya berharap melalui aplikasi ini, masyarakat dapat lebih mudah untuk memperoleh informasi data sektoral Kota Lubuklinggau,” terang M. Adi Dwi Cahyo selaku Project Leader yang juga Kabid Data dan Informasi pada Diskominfotiksan. 


Selain itu lanjut M Adi Dwi Cahyo, para admin data sektoral di masing-masing OPD juga dapat dengan mudah mengelola dan mengirimkan data sektoralnya kepada Diskominfotiksan selaku wali data. (*)

close
Info Pasang Iklan