WIN'S DURIAN LUBUKLINGGAU, Durian Khas Kota Sebiduk Semare Digemari Diseantero Negeri

Iklan Semua Halaman

WIN'S DURIAN LUBUKLINGGAU, Durian Khas Kota Sebiduk Semare Digemari Diseantero Negeri

Staff Redaksi
Kamis, 18 Agustus 2022

JURNALIS NUSANTARA-1.COM|LUBUKLINGGAU, SUMSEL-- Kota Lubuklinggau merupakan Kota urutan kedua terbesar di Provinsi Sumatera Selatan setelah Kota Palembang sebagai Ibu Kota Provinsi. Kota Lubuklinggau dikenal merupakan komoditas penghasil buah durian terbaik yang sudah terkenal di berbagai daerah di Indonesia, ini karena buah durian khas Kota Lubuklinggau memiliki cita rasa buah yang lebih legit dan tekstur daging buah yang pulen, tidak heran jika Kota Lubuklinggau dijuluki Kota Durian bahkan sudah diabadikan pada seuntai kain yakni batik durian Lubuklinggau yang sudah diperkenalkan di Dunia Fashion Internasional. 

Salah satu pemasok durian di Kota Lubuklinggau yang menyuplai berbagai jenis durian untuk kebutuhan pasar di luar Kota Lubuklinggau seperti Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, yakni Win's Durian Lubuklinggau yang terletak di Jalan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Owner Win's Durian ,Winti menyampaikan dirinya telah bergelut di bisnis durian sejak tahun 2004 ketika saat itu baru menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S1) dengan jurusan Sarjana Pertanian. Awal bisnis durian dimulai win dengan berjualan kepada rekan-rekan semasa kuliah seperti para aktivis dan pecinta alam, dari sanalah mulai banyak dikenal orang hingga sampai dengan saat ini. 

Dikatakan Winti bahwa durian miliknya sudah menjadi pemasok tetap ke berbagai wilayah di Indonesia seperti Surabaya, Medan, DKI Jakarta, Tanggerang dan Bogor. Kecuali Pulau Bali, Kalimantan dan Sulawesi yang belum dipasok oleh Win's Durian. Ini karena jarak tempuh yang jauh sehingga butuh ongkos kirim yang lebih besar dan terkendala lamanya proses pengiriman. Walau demikian, kedepannya Win menargetkan durian miliknya dapat menembus Pulau Bali, Kalimantan dan Sulawesi. 

"Awal saya mencetus bisnis durian ini setelah lulus menjadi mahasiswa yaitu tahun 2004, ketika itu saya mulai menjajakan durian jualan saya di lingkungan adik-adik dan rekan-rekan seperjuangan di masa kuliah ataupun organisasi semasa kuliah. Dari sana terus mengalami peningkatan yang alhamdulillah hingga sampai saat ini, dalam sehari kita paling sedikit mendapat orderan dari luar wilayah Kota Lubuklinggau 2000 buah dan paling tinggi 12.000 buah," ungkap Winti Owner Win's Durian Lubuklinggau. Rabu, (17/08/2022).


Durian yang ada di Win's Durian asli berasal dari para petani Kota Lubuklinggau salah satunya di daerah Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II yang dikenal sebagai penghasil durian terbesar  dan unggul, itu karena ada Bukit Kecik, Bukit Sulap, Bukit Tipis, Bukit Merbau dan Bukit Kancil, untuk harga jual Win's Durian mematok harga yang terjangkau mulai dari Rp.13.000,- Win's Durian Lubuklinggau menyediakan berbagai varietas durian khas Lubuklinggau seperti durian Jerajo Linggau, Bakul Linggau, Kici Linggau dan yang akan datang yakni varian durian Sohe. 

Owner Win's Durian Lubuklinggau Winti, berharap harga buah durian dapat dihargai dengan lebih layak, karena durian merupakan buah yang sangat unik sesuai dengan julukannya sebagai raja buah, oleh karena itu tidak seharusnya buah durian ini dihargai dengan sangat murah. Tentu ini kita semua tahu untuk menghasilkan kualitas buah durian terbaik memakan waktu cukup lama hingga umur belasan tahun baru akan berbuah, dan juga biaya yang dikeluarkan tidak murah. Mulai dari proses pembibitan, penanaman sampai dengan pembuahan. ini berbeda dengan buah-buahan lainnya yang cenderung tidak terlalu lama dan sesulit buah durian perawatannya.   

"saya berharap durian kita ini lebih bisa dihargai dengan selayaknya, janganlah sang raja buah ini dihargai dengan sangat murah seperti sekarang ini, itu harapan saya. Selain itu saya memiliki cita-cita di tahun 2025 mendatang bisa memiliki kebun dan outlet durian khas Kota Lubuklinggau sendiri yang menjual berbagai varietas durian termasuk yang paling unggul yakni varietas tembaga serta olahan durian lainnya seperti tempoyak dan lepuk durian. Tidak menutup kemungkinan di outlet tersebut nanti saya juga bisa menjual buah-buahan khas Lubuklinggau lainnya seperti alpukat, duku, dan lainnya. Dari keinginan saya tersebutlah akhirnya tercetus ide nama Win's Durian Lubuklinggau," tutup Winti.

Sementara Content Creator Kemanusiaan Pratiwi Noviyanthi yang sedang berkunjung ke Kota Lubuklinggau berkesempatan mencicipi langsung durian khas Lubuklinggau yang ada di Win's Durian, teh Novi begitu dia akrab disapa mengungkapkan durian Lubuklinggau mempunyai rasa manis seperti mentega dan tidak kalah dengan rasa durian montong yang terkenal sebagai varietas durian terbaik. 

"Durian Lubuklinggau rasanya pulen manis seperti mentega, ini gak kalah sama durian montong. Sangat recomended untuk teman-teman yang akan berkunjung ke Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan wajib banget cobain durian Lubuklinggau", ungkap Pratiwi Noviyanthi. 

(Yuyung Anggara) 





close
Info Pasang Iklan