Menuju Aksi Demo Berjilid, KRB Luwu Galang Donasi Dengan Berbagai Event

Iklan Semua Halaman

Menuju Aksi Demo Berjilid, KRB Luwu Galang Donasi Dengan Berbagai Event

Staff Redaksi
Minggu, 28 Agustus 2022






JURNALIS NUSANTARA-1.COM | LUWU--Sudah mencapai tiga bulan, tujuh tuntutan yang diajukan Koalisi Rakyat Bersatu (KRB) Luwu tak kunjung jelas.


Terkait penyelesaiannya keberadaan Perusahaan pertambangan (PT. Masmindo Dwi Area) di Desa Rante Balla, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan kurang lebih dari 40 tahun silam status kedudukan dan proses perijinannya dipertanyakan.


Meski, Jilid demi Jilid Aksi Demo terus digelorakan dari berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Bersatu (KRB) Luwu di Rumah Rakyat juga belum mendapatkan titik temunya. 


Sehingga dengan memahami adanya demokrasi, Koordinator Lapangan KRB Luwu, Zainuddin Bundu Saoda, SE mencoba merangkaikan event pentas seni dalam mengkampanyekan bahaya dampak lingkungan kepada Masyarakat Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan yang di target di tujuh lokasi untuk dijadikan ruang diskusi publik. 


“Demokrasi adalah sistem pemerintahan, dimana pemerintah diminta untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka di wilayah publik oleh warga negara. Warga bertindak secara tidak langsung melalui kerjasama dengan para wakil yang terpilih. Seperti yang di kutip dari para ahli, Abraham Lincoln mengatakan bahwa “Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”. Dan sebagai tempat penyampaian aspirasi yang lebih baik, karena demokrasi adalah sistem politik yang menunjukkan kebijakan umum atas dasar wakil yang diawasi oleh rakyatnya tanpa membedakan suku, ras, agama dan golongan”. Tutur Koorlap KRB Luwu, Zainuddin Bundu sapaan akrab Ajis Portal.


Ajis juga menambahkan pendapatnya bahwa “Demokrasi juga merupakan seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan beserta praktik dan prosedurnya. Demokrasi mengandung makna penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia. 

Dimana landasan demokrasi menjadi domain yang mencakup kebebasan berkumpul, kebebasan berserikat dan Kebebasan berbicara, inklusivitas dan kesetaraan politik, kewarganegaraan, persetujuan dari yang diperintah, hak suara suatu demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari masyarakat secara dewasa yang beralasan atas hak untuk hidup, kebebasan, dan Kaum minoritas”. Jelasnya. Minggu Malam (28/8/2022).


Terpisah, Ketua seksi acara Anggi Arianto yang di temui di Sekretariat KRB Luwu di Jalan Poros Topoka, Makassar (Depan SMAN I Luwu) Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan membenarkan dengan adanya rencana dan persiapan kegiatan KRB Luwu dalam waktu dekat ini. 


“Kegiatannya itu bertajuk “Open Donasi Pentas Seni (PENSI) Dampak Lingkungan yang bertemakan “Pentingnya Mengetahui Bahaya dan Dampak Lingkungan Yang Buruk, Dari Kita Untuk Kita. Seperti Musik Akustik, Baca Puisi, Pidato, Teater dan Dialog Publik yang tersebar di tujuh titik lokasi Kecamatan se- Kabupaten Luwu, sepanjang bulan september dan oktober 2022”. Bebernya.



Selain itu, Anggi juga menguraikan makna dari kegiatan tersebut, sebagaimana ia jelaskan bahwa.


“Kita akan buat ruang diskusi publik 

untuk menyampaikan aspirasi kita sebagai masyarakat kabupaten luwu provinsi sulawesi selatan, karena kita tak bisa lagi menyampaikan aspirasi kita di rumah rakyat untuk menuju pentas demokrasi yang lebih baik. 

Terlebih lagi untuk menunjukan eksistensi kami bukan profesi ulawai / paleppa atau tidak ada tawanya, melainkan kecintaan (Tulus) kita kepada masyarakat kabupaten luwu yang peduli kemaslahatan umat, akan makna pilar ke 4 sebagai warga negara dan masyarakat kabupaten luwu, provinsi sulawesi selatan dengan slogan “TE'BAKKE TONGENGNGE". Tutupnya


Adapun pelaksanaan kegiatan Open Donasi KRB Luwu yang dicanangkan pada bulan September dan Oktober 2022 mendatang, tidak dijelaskan secara detail. Tidak disebarkan lebih dulu, yang pastinya kita buat dalam komitmen bersama, terutama pada mitra-mitra kerja yang tergabung dalam kegiatan ini. demi menghindari praktik-praktik monopoli. (Andry/Red) 

Sumber: Humas KBR Luwu

close
Info Pasang Iklan