Wadah Anak-Anak Jalanan di Kota Bogor Dalam Rumah Kreatif Keboen Sastra, "Surati Presiden Jokowi"

Iklan Semua Halaman

Wadah Anak-Anak Jalanan di Kota Bogor Dalam Rumah Kreatif Keboen Sastra, "Surati Presiden Jokowi"

Staff Redaksi
Senin, 25 Juli 2022




JURNALIS NUSANTARA-1.COM | KOTA BOGOR--Rumah Kreatif Keboen Sastra (RKKS) salah satu wadah anak-anak Jalanan di Kota Bogor melayangkan surat kepada Presiden Joko Widodo. Surat itu disampaikan kepada Presiden Jokowi saat anak-anak yang tergabung dalam Rumah Kreatif Keboen Sastra diundang mengikuti Hari Anak Nasional (HAN) 2022 di Kebun Raya Bogor, Sabtu (23/7/2022)



Ketua Yayasan RKKS, Herie Matahari mengatakan isi surat yang disampaikan yaitu  mengajak Presiden untuk berpartisipasi dalam acara Keboen Sastra Roadshow di 6 Kota Jawa-Bali.


“Dari Jalanan untuk Indonesia, Sajak Buat Negeriku, Bangkit Bersama. Itu tema yang kami usung,” kata Herie kepada Kobra Post Online di Rumah Kreatif Keboen Sastra Jalan Hj. Barta Kampung Roda, Kelurahan Sindang Barang, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, Senin (25/7).



Lelaki yang memiliki nama asli Herie Syahnilla Putra Siregar itu mengatakan, jalanan merupakan sumber media belajar, tidak terbatas bagi seorang anak jalanan dalam pencarian jati diri dan dijalanan banyak bakat bakat yang terpendam.


Lanjut Herie, berawal dari pinggiran Terminal Baranangsiang Kota Bogor dirinya mengadakan pelatihan-pelatihan bagi anak-anak  jalanan dengan nama Grup Keboen Sastra.


Seiring perjalananya waktu, sambung Herie, pada tahun 2019 grup ini berkembang menjadi Yayasan Rumah Kreatif Keboen Sastra yang menaungi anak-anak Jalanan terutama Yatim Piatu dan anak-anak kurang mampu. “Keboen Sastra itu adalah Kumpul Bersama Saatnya kita berkarya,” terangnya.



Saat ini, sambungnya, sudah sekitar 100 anak yang dibina melalui kelas pengajian, kejar paket, bahasa Inggris dan musik. “Kami juga menyekolahkan anak-anak jalanan ini kesekolah umum dan sudah ada juga yang difasilitasi ke Perguruan Tinggi,” ungkapnya.


Menurut Herie, dengan berbagai kelas formal maupun non formal yang diadakan oleh Keboen Sastra ternyata banyak bakat yang terpendam dalam diri anak-anak, namun belum terfasilitasi dengan baik. Maka dari itu, Rumah Kreatif Keboen Sastra untuk mengumpulkan karya-karya mereka dalam bentuk Album Mini berjudul Revolusi Mental.


Herie menambahkan, sebagai bentuk apresiasi terhadap anak-anak yang sudah berkreasi dan berinovasi Rumah Kreatif Keboen Sastra berencana menggelar Roadshow di 6 Kota Jawa dan Bali. “Mohon dukungan dan Partisipasi dari Bapak Presiden Jokowi,” harapnya. (LAG/Red)

close
Info Pasang Iklan