Sandi Salaka (Rahasia Waktu)

Iklan Semua Halaman

Sandi Salaka (Rahasia Waktu)

Staff Redaksi
Selasa, 12 Juli 2022


JURNALIS NUSANTARA-1.COM | SUKOHARJO--Sandi Salaka atau rahasia waktu! Begitulah tepatnya, bahwa setiap bangsa yang hidup di atas tanah negerinya, memiliki rahasia waktu yang berkaitan dengan tonggak kebangkitan.


Suronan merupakan bagian dari fase Sandi Salaka Bangsa Nusantara. Dimana ada rahasia waktu yang menjadi pintu pembuka keberuntungan, kejayaan dan kesusksesan disegala bidang. Pun sebaliknya, perpindahan rahasia waktu jika tidak disadari akan menjadi jurang kehancuran sekaligus kegelapan bagi generasi Bangsa tersebut. Kena di arani kegubel bebendu, pepeteng!



Bermula dari rentetan sejarah yang saya gali dari warisan budaya turun temurun dan yang tercatat dalam dokumentasi manuskrip kuno, kemudian upacara Adat Sandi Salaka itu saya gelar setiap tahun. Tepatnya menjelang Suronan! Salah satunya bertujuan untuk mewujudkan rasa syukur, dikemas upacara Mapak Tahun.


Pada mulanya Mapak Tahun representasi dari kesadaran pribadi, yang terus menerus saya kembangkan bersama sahabat sepergerakan. Kemudian meluas hingga ke berbagai daerah dan wilayah, dengan segala niat dan tekad mengumpulkan energi demi menegakkan kembali yang di anggap usang, melestarikan kembali yang di asingkan dan merawat kembali yang hampir menemui kemusnahan. Berangkat dari pemahaman tersebut: "Menggelar Suronan merupakan panggilan nurani!"


Mengajak seluruh Trah Jawa dimanapun berada, agar berkenan mengadakan Suronan atau Mapak Tahun. Menurut kemampuan dan caranya masing-masing. Ini Adat dan Budaya warisan Leluhur kita. Jangan pernah ragu melaksanakannya. Yen ora sak iki, kapan meneh?! Yen ora awake dewe, sapa meneh?!


Salam Waras...☝️❤️


Penulis: Sri Narendra Kalaseba

close
Info Pasang Iklan