Rajah Kolocokro Gerbang Menara Kudus,Konon Ditakuti Banyak Pejabat

Iklan Semua Halaman

Rajah Kolocokro Gerbang Menara Kudus,Konon Ditakuti Banyak Pejabat

Staff Redaksi
Minggu, 19 Juni 2022




JURNALIS NUSANTARA-1. COM | KUDUS-- Kudus merupakan salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi orang. Salah satu faktornya, karena terdapat Komplek Masjid Menara Kudus, yang kental akan sisi religi dan sejarahnya.


Bangunan Komplek Masjid Menara Kudus memiliki bentuk yang unik dan terkesan tidak umum. Walaupun merupakan komplek bangunan Agama Islam, Namun bentuk menara ini justru lebih mengarah ke Candi Hindu.



Hal ini tidak terlepas dari Syekh Ja'far Shodiq atau Sunan Kudus. Tokoh Wali Songo, pionner didirikannya Masjid Menara Kudus.


Alasan dimasukkannya corak seni Hindu pada bangunan tersebut adalah sebagai simbol akulturasi Islam dan Hindu. Dimana kala itu, masyarakat sekitar banyak memeluk agama Hindu.


Ada salah satu sisi unik lain di Komplek ini,dari sekian pintu masuk, ternyata pintu depan komplek memiliki aura yang berbeda. Mengapa demikian?


Menurut sejarah, diatas pintu gerbang depan ini dahulu telah dipasang Rajah Kalacakra oleh Sunan Kudus.


Rajah ini dahulu dipasang sebagai media untuk melunturkan kedigdayaan dan melepaskan kekuatan-kekuatan kubu yang kala itu berebut kekuasaan di Kerajaan Demak, yaitu Arya Penangsang dan Hadiwijaya.


Saat itu, Arya Penangsang masuk perangkap Sunan Kudus dengan melewati gerbang yang telah terpasang rajah. Sedangkan Hadiwijaya, berhasil lolos dengan tidak masuk lewat gerbang tersebut.


Walaupun kejadian tersebut telah berlangsung lama, Namun hingga kini masyarakat terutama para pejabat banyak yang  mempercayainya.


Kabarnya, jarang ada pejabat yang mau lewat pintu gerbang tersebut, menghindari kejadian serupa ratusan tahun lalu.(LAG/RED) 

close
Info Pasang Iklan