Dandim 0812/Lamongan Dimohon Tuntaskan Kasus Oknum Babinsa Desa Kacangan Ancam Bantai Wartawan

Iklan Semua Halaman

Dandim 0812/Lamongan Dimohon Tuntaskan Kasus Oknum Babinsa Desa Kacangan Ancam Bantai Wartawan

Staff Redaksi
Selasa, 07 Juni 2022




JURNALIS NUSANTARA-1.COM | JAKARTA-- Serda M  yang menjabat Bintara Pembina Desa (Babinsa) adalah unsur pelaksanaan Koramil TNI AD,yang bertugas melaksanakan pembinaan teritorial (binter) di wilayah pedesaan/kelurahan Kacangan Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. 


Babinsa Desa Kacangan Kecamatan  Modo dijabat Serda M  bintara TNI berpangkat Sersan Dua (Serda) merupakan pelaksana Koramil.


Serda M yang menjabat Babinsa Desa Kacangan Kecamatan Modo dalam melaksanakan kewajibannya bertanggung jawab kepada Danramil. 


Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), Babinsa dan Bhabinkamtibmas berkolaborasi bersama-sama menciptakan keamanan ditengah-tengah masyarakat, sehingga semua permasalahan di wilayahnya dapat diselesaikan dengan baik dan suasana dilapangan bisa jadi kondusif. 


Babinsa adalah pelaksana Danramil, melaksanakan fungsi pembinaan yang bertugas pokok melatih rakyat memberikan penyuluhan di bidang Hankam dan Pengawasan fasilitas dan prasarana Hankam di Pedesaan. 


Babinsa adalah pelaksana Danramil dalam pelaksanaan Binter yang berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi wilayah dengan segenap unsur geografi, demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang guna kepentingan Hankam Negara.


Dalam pelaksanaan tugas Babinsa melaksanakan tugas sebagai berikut, Melatih satuan perlawanan rakyat, Memimpin perlawanan rakyat di pedesaan, Memberikan penyuluhan kesadaran bela negara, Memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat desa di bidang Hankamneg, Melakukan pengawasan fasilitas/prasarana Hankam di pedesaan/kelurahan, Memberikan laporan tentang kondisi sosial di pedesaan secara berkala.


Di era reformasi sekarang ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan Binter sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya. 


Di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari Babinsa sering disibukkan dengan berbagai macam masalah yang menyangkut sosial (kemasyarakatan). Di era reformasi sekarang ini disamping kemampuan yang dimiliki para Babinsa masih perlu diberikan tuntutan, pendidikan khusus bidang teritorial, maupun penataran-penataran dan lain sebagainya. Agar mereka dapat melaksanakan tugas kegiatan Binter di wilayah tanggung jawabnya dengan baik.


Kemampuan yang Harus di Miliki Babinsa yaitu Kemampuan Intelijen Teritorial, Kemampuan Pembinaan Wilayah, Kemampuan Pengawasan Wilayah, Kemampuan Pembinaan Rakyat Terlatih, Kemampuan sebagai Inovator Pembangunan.


Serda M yang menjabat Babinsa Desa Kacangan pada tanggal 2 Juni 2022 sekitar pukul 04.30 Wib melalui pesan Whatsapp mengancam pada Kusnadi Kepala Biro www.jurnalisnusantara-1.com,  " Hapus Beritamu Jangan Cari Masalah Lagi Kamu, Tak Bantai Nanti".


Ancaman tersebut terkait rilies berita yang berjudul " Pengakuan Siap Salah Babinsa Desa Kacangan Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. " 


"Tentunya wartawan kami merasa terancam keselamatannya dan sempat di undang oleh Serda M di Kafe yang berada di tengah hutan di wilayah Lamongan. " Kata Pimred Jurnalis Nusantara-1. com Lilik Adi Goenawan, S.Ag.


"Saya menyarankan untuk meminta bantuan pengacara untuk pendampingan hukum dan wartawan kami diwakilkan advokat Indahwan Sucining Ati, SH.MH datang ke Kodim 0812/Lamongan untuk membicarakan terkait ancaman pembantaian tersebut." Ujarnya.


Letda Inf Agus Darso menghubungi Pimpinan Redaksi www.jurnalisnusantara-1.com pada Minggu 5 Juni 2022 melalui sambungan telepon meminta maaf atas perilaku anggotanya Serda M yang melakukan pengancaman pembantaian terkait pemberitaan terhadap Kusnadi Wartawan Biro Lamongan. 



" Kami sudah proses secara internal dan sudah tidak menjabat sebagai Babinsa Desa Kacangan Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan, saat ini kami tarik ke Kodim 0812/Lamongan dan kami akan menjamin keselamatan Kusnadi sebagai Wartawan PT. JURNALIS NUSANTARA SATU Biro Lamongan. " Tegas Danit Intel Kodim 9012/Lamongan Letda Inf Agus Darso. 


Goenawan memaparkan bahwa Letda Inf Agus Darso meminta penghapusan berita dikarenakan apa yang disampaikan Serda M tidak seizin Danramil serta Dandim 0812/Lamongan Letkol (Kav) Endi Siswanto Yusuf. 


" Saya menyatakan untuk penghapusan berita kami tidak bisa penuhi karena berita yang kami rilies ada bukti wawancara dan ada rekamannya dan itupun melanggar kode etik jurnalistik serta akan mengganggu rating di goggle! " Imbuhnya. 


Lanjut Goenawan mengatakan kami akan sediakan hak jawab untuk mengklarifikasi terkait pemberitaan tersebut. Lalu Letda Inf Agus Darso meminta untuk dihubungkan  bersilaturahmi ke Kusnadi di kediamannya dan meminta share lokasi. 


Pada 6 Juni 2022 terjadi pertemuan antara Kusnadi, 3 Anggota TNI AD dan Advokat Indahwan Sucining Ati, SH.MH dan anehnya ada kejanggalan dalam Surat Jaminan Keselamatan yang di tandatangani Kusnadi dan Serda M diatas materai 1000 tak tertera tanggal, bulan tahun dan sangat berbeda dengan Surat Perdamaian yang diketik rapih dengan komputer dan bermaterai. 


Dalam isi surat salah satu poin menyatakan penyelesaian perselisihan dan kesalahpahaman sudah diselesaikan secara kekeluargaan!,tentu nya tak ada salah paham dan perselisihan karena fungsi wartawan sebagai pilar ke IV di Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai alat kontrol sosial. 



Yang terjadi adalah kesalahan Oknum TNI-AD yang jumawa serta tak patut mengancam wartawan kami jika tak menghapus berita akan di bantai. 


"Saya berharap dengan penuh rasa hormat, Dandim 0812/ Lamongan Letkol (Kav) Endi Siswanto Yusuf dapat cawe-cawe turun tangan menyelesaikan hal tersebut, yang jelas hubungan sinergitas dan kolaborasi TNI dan Pers jangan sampai tercoreng oleh Oknum TNI-AD yang mencemarkan institusi." Ungkap Lilik Adi Goenawan, S Ag Pimred www.jurnalisnusantara-1.com.


Bukankah Panglima Besar Jenderal Sudirman pernah berpesan,"Tunaikan sumpah dan tugas kewajiban sebagai prajurit Negara Republik Indonesia, yang sanggup menjamin keamanan dan keselamatan nusa dan bangsanya"   


" Wartawan hanya pewarta, Wartawan bukan pembawa malapetaka, Wartawan Mitra TNI bukan lawan TNI. " Pungkasnya." Pungkasnya. 

Sampai berita ini di tayangkan pihak Kodim 0812/Lamongan belum dapat di konfirmasi. 

Penulis: Lilik Adi Goenawan, S Ag

close
Info Pasang Iklan