Jamaludin: Adakan Festival Baritan Rawa Babon, Lestarikan Budaya Untuk Generasi Muda Betawi

Iklan Semua Halaman

Jamaludin: Adakan Festival Baritan Rawa Babon, Lestarikan Budaya Untuk Generasi Muda Betawi

Staff Redaksi
Senin, 20 Juni 2022



JURNALIS NUSANTARA-1.COM | JAKARTA- Pelaksanaan Baritan Sedekah Bumi Rawa Bambon di sisi Rawa Bambon Ciracas Jakarta Timur, berjalan cukup meriah. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta dan masyarakat untuk ambil bagian sekaligus turut serta dalam kegiatan ini, Hari Senin ,(20/6/2022). 


Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan selama tujuh hari kedepan ini, digelar atas prakarsa dari Jamaludin anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta fraksi Golkar bekerjasama dengan para tokoh seni budaya Betawi dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan Betawi.


Selain bentuk rasa syukur, berbagai kategori lomba pun di lombakan dalam kegiatan ini. Diantaranya festival Ondel-ondel, Berbalas Pantun, Palang Pintu, Abang None, Silat Gombel dan lainnya.


Adapun kriteria yang menjadi penilaian dewan juri dalam festival Ondel-ondel, H Mastur yang merupakan salah satu tokoh kesenian budaya Betawi, yang juga sebagai Ketua dewan juri menyampaikan bahwa kriteria penilaian dalam festival Ondel-ondel adalah, keserasian gerak, kostum dan ekspresi tari.



"Melalui kegiatan ini, saya selaku pegiat seni khususnya Seni Budaya Betawi berharap agar kesenian Betawi harus tetap dijaga dan dilestarikan, salah satunya melalui kegiatan seperti ini", ungkapnya.


"Kami juga berharap kepada pemerintah agar pemerintah senantiasa selalu mendukung dan memfasilitasi kegiatan seni budaya khususnya budaya Betawi, yang mana hal ini untuk menjaga agar seni budaya tidak hilang tergerus zaman", tambah Mastur.


Sementara itu, menanggapi seni Ondel-ondel yang dipakai untuk mengamen, Kimung sebagai tokoh Budaya Betawi mengatakan bahwa hal ini perlu menjadi perhatian serius bagi pemerintah. "Kalau tidak diperbolehkan, harusnya diberikan solusinya", ujar Kimung.


Naah, melalui kegiatan inilah salah satunya sarana temen-temen yang melakukan hal tersebut untuk unjuk kebolehan, karena melalui festival budaya seperti ini jiwa seni mereka bisa tersalurkan, singkat Kimung yang juga cucu dari Allmarhum H Bokir, juga salah satu tokoh besar seniman budaya Betawi.


Ditempat lain, Rohim Sebagai ketua panitia dan juga selaku Ketua Yayasan Rawa Bambon menyampaikan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama 7 (tujuh) hari dimana kegiatan lomba akan dilaksanakan setiap hari dalam kata lain satu lomba perhari.


"Untuk hari ini, lomba Ondel-ondel, dan agenda besok berbalas pantun, dan seterusnya. Setiap lomba digelar, intinya bukan kompetisinya tapi sebagai ajang silaturahmi serta turut memeriahkan acara ini, meskipun hadiahnya nilainya lumayan dengan grand prize 1 unit kendaraan motor", ujarnya


Melalui pesan singkat WhatsApp, anggota DPRD DKI Jakarta fraksi Golkar Jamaludin yang juga sebagai tokoh masyarakat di Rawa Bambon mengatakan bahwa acara ini adalah wujud nyata usaha dan upaya kami untuk mendorong  dan memberikan dukungan dengan melakukan pelestarian budaya yang mengacu kepada kearifan lokal agar tetap exis di masyarakat, baik sekarang maupun masa yang akan datang. Dengan demikian, melalui kegiatan inilah kami berharap agar para generasi yang akan datang tidak melupakan budaya lokal yang sudah seharusnya kita jaga, pungkasnya. (LAG/RED) 

close
Info Pasang Iklan