Jadi Transformer Pendidikan, Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar Dikukuhkan

Iklan Semua Halaman

Jadi Transformer Pendidikan, Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar Dikukuhkan

Staff Redaksi
Rabu, 25 Mei 2022




JURNALIS NUSANTARA-1.COM | KOTA DENPASAR– Guru Penggerak adalah program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) yang merupakan upaya pemerintah menghidupkan kembali semangat, daya juang, dan pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam membangun ekosistem pendidikan Indonesia yang ‘Merdeka Belajar’ dan selalu berpihak pada murid.


Dalam perjalanannya, Program Pendidikan Guru Penggerak yang kini sudah mencapai pada Angkatan 8 tersebut, telah melahirkan generasi baru pemimpin-pemimpin pembelajaran yang menggerakkan roda-roda transformasi pendidikan di Indonesia yang memandang murid dengan rasa penuh hormat, serta mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik.


Setelah menempuh Pendidikan Guru Penggerak selama kurang lebih 6 hingga 9 bulan lamanya, para Guru Penggerak di masing-masing daerah membentuk suatu komunitas yang memiliki visi dan misi serta program dan rencana tindak lanjut untuk memberikan perubahan dan dukungannya terhadap sistem pembelajaran di daerah masing-masing.



Seperti halnya yang dilaksanakan Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar yang pada Sabtu kemarin (21/5/2022) lalu, menyelenggarakan kegiatan “Pelantikan Pengurus dan Pengukuhan Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar”.


Kegiatan yang berlangsung di Ruang Mahottama Lantai III Gedung Graha Sewaka Dharma tersebut melibatkan seluruh Pengurus Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar yang merupakan alumni Pengajar Praktik dan Pendidikan Guru Penggerak.


Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kepengurusan Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar, menggerakan peran serta aktif komunitas Guru Penggerak untuk ekosistem pendidikan dengan membuka banyak kolaborasi dan mendorong guru sebagai pimpinan pembelajaran untuk menciptakan program yang berdampak pada murid di sekolah.



Pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Kota Denpasar, Drs. A.A. Gede Wiratama, M.Ag., dalam sambutannya berharap Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar dapat membantu Disdikpora Kota Denpasar dalam rangka mewujudkan Merdeka Belajar di satuan pendidikan TK, SD maupun SMP.


“Selain itu, dengan telah dikukuhkannya Komunitas ini, tentunya kita semua juga berharap agar dapat meningkatkan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah serta mendukung penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk membangun persepsi yang sama bagi semua guru, sehingga pendidikan di Kota Denpasar semakin meningkat,” harapnya.


Terkait peran Komunitas Guru Penggerak, Perwakilan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bali, Dra. Lilik Sulistyowati dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar memiliki peran dalam pengembangan Guru dan Tenaga Kependidikan.


“Kedepan, Balai Guru Penggerak bisa menjadi mitra dari Komunitas Guru Penggerak yang ada di Bali, termasuk Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar. Semangat kolaborasi dan gotong-royong sangatlah perlu kita tingkatkan bersama untuk mewujudkan trasnpormasi pendidikan di Indonesia. Serentak bergerak mewujudkan merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila,” pungkasnya.


Sementara itu, Koordinator Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar, I Ketut Budiarsa, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan harapan yang besar terhadap Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar agar dapat selalu digandeng sebagai mitra oleh seluruh instansi di Kota Denpasar yang memiliki program di bidang pendidikan.



“Melalui komunitas ini, kita bisa menjadikan sebagai strategi pelengkap bagi pengembangan profesi yang berkelanjutan untuk para guru. Dengan dilantik dan dikukuhkannya Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar, dapat menjadi mitra strategis  Disdikpora, Organisasi Profesi, maupun penggiat pendidikan untuk bergerak bersama mewujudkan transformasi pendidikan,” ujar peraih Juara 1 Lomba Guru SD Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 tersebut.


Ketut Budiarsa yang juga pernah menyandang sebagai Finalis Olimpiade Guru Nasional tahun 2016 tersebut, berpesan kepada pengurus dan anggota Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar untuk tetap berkomitmen tergerak, bergerak dan menggerakkan ekosistem pendidikan guna mewujudkan Merdeka Belajar. 


Kegiatan Pelantikan Pengurus dan Pengukuhan Komunitas Guru Penggerak Kota Denpasar dihadiri juga oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Denpasar, Kabid Tenaga Kependidikan Disdikpora Kota Denpasar, Ketua PGRI Kota Denpasar, Ketua IGTKI Kota Denpasar, Koordinator Pengawas Kota Denpasar, Ketua MKKS Kota Denpasar, Ketua K3S Kota Denpasar, Ketua Dewan Pendidikan Kota Denpasar dan Koordinator Pengajar Praktik Kota Denpasar. (LAG/RED) 

close
Info Pasang Iklan