MEMBUAHKAN HASIL, WBP LAPAS CILEGON PANEN SAYUR HASIL HIDROPONIK

Iklan Semua Halaman

MEMBUAHKAN HASIL, WBP LAPAS CILEGON PANEN SAYUR HASIL HIDROPONIK

Staff Redaksi
Rabu, 13 April 2022


Cilegon | www.jurnalisnusantara-1.com- Usai menunggu masa tanam, pagi hari di lahan hidropinik kini Puluhan ikat sayur hasil pelatihan hidroponik  Warga Binaan Lapas Kelas II Cilegon dipanen langsung oleh warga binaan dan didampingi oleh petugas Lapas Cilegon, Rabu, (13/04/2022).


Sayuran hasil budidaya  yang dipanen yaitu pakcoy, selada air dan bayam merah, ketiga jenis sayur ini dinilai memiliki masa tanam yang cukup singkat sehingga menjadi jenis sayur yang dipakai pada pelatihan Hidroponik bagi warga binaan lapas cilegon.


Berkat kerjasama antara Lapas CIlegon dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Cilegon, kini warga binaan lapas cilegon yang telah mengikuti Pelatihan Hidroponik telah mampu untuk membudidayakan sayuran dengan tenik hidroponik. 


Budidaya Tanaman Hidroponik sendiri dipandang sebagai salah satu solusi budidaya tanaman bagi mereka yang tidak memiliki lahan luas, dan dapat diterapkan dirumah rumah.



"sebagai salah satu program pembinaan kemandirian yang diberikan oleh lapas cilegon diharapkan setelah bebas nanti mereka memiliki bekal keterampilan yang dapat mereka mereka terapkan diluar sana" ujar Aditya Jatari selaku Kasie Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Cilegon.


"karena media tanam yang masih terbatas dan hasil panen pun yang tidak terlalu banyak, maka untuk pemasaranya saat ini hanya kepada Pegawai dan Masyarakat yang mengunjungi Lapas Cilegon" tambahnya.



Jatari berharap untuk kedepannya Lapas Cilegon dapat memperbanyak media tanam sehingga dapat menghasilkan hasil panen yang banyak agar dapat dipasarkan keluar.


Para warga binaan yang membudidayakan sayur hidroponik ini pun merasa senang karena memiliki kegiatan tambahan yang membuat mereka lebih produktif meskipun berada didalam lapas.


Editor : Lilik Adi Goenawan

close
Info Pasang Iklan